Bupati H Ashari Tambunan Gagal Terima Anugrah Kebudayaan di HPN 2023 Jadi Pembicaraan Hangat


DikoNews7 -

Gagalnya Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Anugerah Kebudayaan (AK) PWI Pusat tahun 2023 menjadi pembicaraan hangat di kalangan wartawan Deli Serdang.

Tiga wartawan Deli Serdang, Hizad Sembiring, Nurdin Barus dan Haris ketika ditemui Jum’at (10/02/2023), menyayangkan gagalnya Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Anugerah Kebudayaan (AK) PWI yang cukup bergengsi tersebut. 

Mengingat Bupati Deli Serdang, H Asyari Tambunan selama ini sangat aktif dan membuka diri serta mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan wartawan atau PWI Deli Serdang.

Nurdin Barus mengatakan, Bupati Deli Serdang, H Ashari layak menerima penghargaan yang diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo yang dilaksanakan di Hotel Santika Dyandra Medan, Sumatera Utara, pada Selasa kemarin.

Menurut Nurdin Barus, Bupati H Ashari telah melakukan apa yang menjadi tema Hari Pers Nasional Tahun 2023. Ashari sukses menginovasi mata rantai pangan, sandang dan papan, berbasis kebudayaan (kearifan lokal) dan informasi global.

Mungkin hanya beda istilah, kalau di Deli Serdang inovasi mata rantai pangan sandang dan papan berbasis kearifan lokal itu lebih dikenal dengan sebutan bedah rumah yang melibatkan steakholder, masyarakat dan pemerintah, kata Nurdin.

“Bupati Deli Serdang telah melakukan apa yang menjadi tema HPN kali ini. Tidak hanya itu, tetapi juga cukup aktif mendukung program program PWI Deli Serdang. Khususnya dalam meningkatkan SDM wartawan. Terakhir kemarin Bupati H Ashari mendukung kerja sama PWI dengan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) untuk menyelenggarakan seminar sehari Wartawan Ramah Anak yang dilaksanakan PWI bersama KPAI“, tambah Nurdin Barus yang juga merupakan pemimpin media online desernews.com. 

Hal yang sama juga dikemukakan Hizad Sembiring. Menurut Ketua PWI Kabupaten Deli Serdang priode 2018 – 2022 ini, Bupati H Ashari sangat patut dan layak menerima Anugerah Kebudayaan (AK) PWI. 

Karena banyak program program Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di pimpin H Ashari Tambunan berkesesuaian dengan tema yang diusung HPN Tahun 2023 yang acaranya dipusaatkan di Medan dan Deli Serdang.

“Bupati Deli Serdang pantas menerima Anugerah Kebudayaan bukan karena sebagai salah satu tuan rumah tempat diselengarakannya HPN 2023. Tetapi karena program dan inovasi Pemkab Deli Serdang serta capaian-capaiannya memang berkesesuain dengan tema HPN 2023”, tutur Hizad.

Sementara Harisam, wartawan media online tambunpos.com mengaku prihatin dan sangat menyesalkan kinerja orang orang dekat Bupati H Ashari Tambunan.

Harisyam menilai, gagalnya Bupati menerima Anugrah Kebudayaan tersebut disebabkan lemahnya koordinasi orang-orang dekat Bupati Deli Serdang dengan pengurus PWI Deliserdang untuk menjabarkan program-program Pemerintah Kabupaten Deli Serdang kepada PWI Pusat.

Sehingga tim penilai dari PWI Pusat tidak mendapat masukan secara utuh tentang keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai Bupati H Ashari Tambunan.

Ketiga wartawan itu sepakat supaya Bupati H Ashari Tambunan melakukan evaluasi terhadap kinerja  orang-orang dekatnya yang tak mampu menjabarkan program-program Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Seperti diberitkan sebelumnya, sebanyak 10 bupati dan wali kota menerima Anugerah Kebudayaan (AK) PWI Pusat tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Santika Dyandra Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (7/2).

Adapun 10 bupati/wali kota itu yakni Wali Kota Malang (Jatim) HM Sanusi, Bupati Serdang Bedagai (Sumut) Darma Wijaya, Bupati Kuningan (Jabar) Acep Purnama, Bupati Indragiri Hilir (Riau) HM Wardan, Bupati Agam (Sumatera Barat) Andri Warman, Bupati Halmahera Selatan (Maluku Utara) Usman Sidik.

Kemudian Bupati Sleman (DIY) Kustini Sri Purnomo, Wali Kota Medan (Sumut) Bobby Nasution, Bupati Pesawaran (Lampung) Dendi Ramadhona K, dan Wali Kota Surabaya (Jatim) Eri Cahyadi.

(Sumber : Desernews.com)

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel