Bupati Zahir Dengar Keluhan dan Aspirasi Para Petani


DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan kecamatan Air Putih bersama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopcam) Air Putih guna mendengarkan keluhan dan aspirasi para petani.

Pada kesempatan rapat itu juga diikuti seluruh Kepala Desa (Kades), Kepala Dusun (Kadus) serta PKK kecamatan dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di kecamatan Air Putih. Kegiatan tersebut digelar di halaman kantor Kades Pasar Lapan, Kamis (09/03/2023).

Rakor itu sendiri membahas permasalahan yang dihadapi para petani, seperti masalah harga pupuk subsidi yang mahal dan distribusi pupuk ke desa yang tidak lancar serta masalah irigasi.

Para petani meminta agar dilakukan operasi pasar pupuk dan perbaikan tanggul sungai Dalu-Dalu milik Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) supaya pengairan ke areal pertanian menjadi lancar.

Sementara Bupati Zahir  bersama Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Susilistiawati Ritonga pun  mendengar keluhan para petani. 

Selanjutnya dicari solusi penanganannya, untuk masalah pupuk subsidi yang mahal, Bupati Zahir mengatakan, pendistribusian pupuk ke desa akan dilakukan melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang telah tersedia agar biaya transportasi lebih murah.

Untuk operasi pupuk akan dilakukan dengan segera dan tegas untuk memastikan pupuk subsidi dan obat-obatan pertanian sampai kepada petani yang benar-benar membutuhkan dengan membentuk tim Satgas di Dinas Pertanian dan Perkebunan Batu Bara, terang Bupati Zahir.

Kemudian mengenai perbaikan tanggul Sungai Dalu-Dalu, Bupati Zahir langsung menghubungi pihak Pemprov Sumut melalui via telepon untuk memastikan proyek perbaikan tanggul sudah disetujui dan akan segera dikerjakan.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel