Sambut Ramadhan & HBP ke-59. Rutan Brandan Kemenkumham Sumut Gelar Razia bersama TNI/Polri


DikoNews7 -

Tidak lama lagi seluruh umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Bulan yang penuh berkah ini sering kali dijadikan ajang bagi seluruh umat-Nya dalam mencari pahala sebanyak-banyaknya. Tidak mau ketinggalan Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan juga ikut dalam melakukan persiapan.

Dimasa masa menyambut perayaan besar seperti ini juga kerap muncul potensi  gangguan keamanan dan ketertiban. Terlepas dari pertimbangan tersebut pimpinan akan langsung mengambil tindakan deteksi dini untuk pencegahan, salah satu tindakan pencegahan yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan kegiatan razia/ penggeledahan warga binaan dan kamar hunian.

Diawali dengan apel, Ka. Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan Bapak A. Agung Gde J. P. Putera memimpin apel yang diikuti oleh seluruh Petugas Rutan Pangkalan Brandan. Ka. Rutan memberikan instruksi sebelum melaksanakan penggeledahan, beliau mengingatkan kepada petugas yang melaksanakan penggeledahan agar melaksanakan kegiatan dengan Humanis dan optimal. (17/03/2023).

Pelaksanakan kegiatan razia gabungan ini mengikut sertakan Aparat Penegak Hukum (APH) setempat yaitu perwakilan dari personil Polsek Pangkalan Brandan Brigadir S. Sihotang dan Sertu Abu Bakar Sidik dari Koramil 13 Pangkalan Brandan. 

Razia difokuskan pada penggeledahan kamar hunian di setiap blok yang ada di Rutan Pangkalan Brandan. Penggeledahan di mulai dari  kamar Blok A, Blok B, Blok C dan Blok D. Selain penggeledahan kamar hunian, petugas juga melakukan penggeledahan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke- 59. Sebagai deteksi dini untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban serta menjaga Rutan Pangkalan Brandan tetap dalam keadaan aman dan kondusif." Ujar Bapak Ka. Rutan.

Diakhir kegiatan seluruh barang barang hasil penggeledahan dikumpulkan. Barang hasil penggeledahan yang ditemukan seperti senjata tajam buatan, mancis, kartu remi serta tidak ditemukan adanya narkoba dan Hanphone. 

Sebelum menutup kegiatan Ka. Rutan mengucapkan banyak terima kasih kepada APH yang terlibat dan mengapresiasi kinerja jajaran petugas yang telah bekerja keras untuk menjaga Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan tetap dalam keadaan aman dan kondusif. Kemudian barang barang hasil kegiatan penggeledahan dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel