Pj Bupati Optimis Deli Serdang Bisa Atasi Stunting


DikoNews7 -

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM menyatakan optimismenya jika Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mampu mengatasi stunting, dengan indikatornya adalah turunnya angka prevalensi stunting itu sendiri.
 
Optimisme ini disampaikan Penjabat Bupati ketika menjadi narasumber pada Advokasi Intervensi Serentak Dalam Penurunan Stunting Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan, Senin (3/6/2024).
 
"Dengan strategi yang optimal dalam pemanfaatan peluang-peluang serta mengatasi kendala-kendala yang ada, Deli Serdang akan dapat mengatasi stunting yang nantinya akan bermuara pada angka stunting di Deli Serdang akan menurun," tegas Pj Bupati.
 
Dijelaskan Pj Bupati, angka prevalensi Kabupaten Deli Serdang tahun 2023 menjadi acuan dalam penanganan stunting. Selain itu, diperlukan satu data yang akurat dalam penanganannya. 
 
Untuk dapat menangani stunting secara optimal, Kabupaten Deli Serdang memiliki sumber daya pendukung yang mencukupi, baik sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana maupun sumber anggaran di perangkat daerah serta Dana Desa.
 
Berbagai program dan kegiatan untuk penanganan stunting, sebut Pj Bupati, telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan stakeholder. 
 
Namun demikian, dibutuhkan sistem monitoring dan evaluasi terhadap pengukuran dan intervensi yang dilakukan dengan menggunakan pemanfaatan teknologi,seperti digitalitalisasi melalui aplikasi sistem informasi yang saat ini sedang dikembangkan Dinas Kesehatan, yaitu Aplikasi Deli Serdang Sehat. 
 
"Banyak peluang yang dapat dimanfaatkan dan tantangan yang perlu dicarikan solusinya dalam penanganan stunting," sebut Pj Bupati.
 
Turut hadir di acara itu, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Drs Tavip Agus Rayanto MSi; Pj Gubernur Sumatera Utara, Dr Hassanudin; Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara, Dr Munawar Ibrahim SKp MPH; Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Farid Firman; bupati/walikota se-Sumatera Utara bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel