Ribuan Nelayan Sumut Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah


DikoNews7 -

Sedikitnya 6000 nelayan asal Provinsi Sumatera Utara terima kartu asuransi (BPJS Ketenagakerjaan) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada acara Launching Asuransi Nelayan dan Program Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush) di aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (3/6/2024)

Penyerahan kartu asuransi nelayan secara simbolis diserahkan oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanudin kepada 10 perwakilan nelayan dan nelayan binaan HNSI yang disaksikan para pejabat di Sumatera Utara dan Ketua DPD HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian SE dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara.

 Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanudin dalam sambutan yang mengatakan, Sumatera Utara terbesar ke- 4 di Indonesia dari segi populasi dengan jumlah penduduk sekitar 15 juta jiwa.

Selain itu, potensi perikanan tangkap Sumatera Utara sebesar 1. 821.088 ton pertahun dan potensi perikan budidaya sekitar 138.647,5 hektar.

Sedangkan jumlah nelayan Sumatera Utara pada tahun 2024, sebanyak 143.250 orang yang mencari nafkah di perairan laut pada 17 kabupaten/kota dan di perairan umum pada 33 kabupaten/kota.

"Sampai saat ini sudah 64.557 atau 45,6 persen nelayan yang diasuransikan. Harapan tahun depan ditingkatkan bekerja sama dengan BPJS Sumatera Utara ," kata Pj Gubernur Sumatera Utara.

Selain itu juga, Pj Gubernur Sumatera dalam launching Program Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush)  yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan potensi nelayan Sumatera Utara.

Sedangkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Hamdan Sukri Siregar dalam laporannya mengatakan, program asuransi nelayan dimulai sejak tahun 2011 yang bertujuan untuk melindungi nalayan dari resiko kecelakaan kerja dan jiwa.

"Profesi nelayan tidak mudah dan terkadang harus menghadapi tantangan besar termasuk kecelakaan bahkan kehilangan jiwa juga tidak bisa dihindari," katanya.

Sementara itu Ketua DPD HNSI Sumatera Utata Zulfahri Siagian. SE didampingi Sekertaris Ali Mukti Siregar  mengucapkan terimakasih dan menyambut baik program Pemprov. Sumatera Utara yang baru launching tersebut karena sangat membantu nelayan.

"Kami, HNSI selalu siap membantu pemerintah untuk memajukan nelayan terutama nelayan Sumatera Utara. Sekali lagi,kami mengucapkan terima kasih kepada Pj. Gubernur Sumatera Utara yang sangat perduli dengan nelayan. " jelas Zulfahri Siagian. (Nur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel