Melalui UKW, PERS Diharap Dapat Tingkatkan Literasi Informasi Kepada Masyarakat Luas - Diko News

Melalui UKW, PERS Diharap Dapat Tingkatkan Literasi Informasi Kepada Masyarakat Luas



Dikonews7 | Batubara - Uji Kompetensi Wartawan resmi di tutup Bupati Kabupaten Batu Bara yang di Bacakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus pada Penutupan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XXVI dan XXVII Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula MHP Inalum Tg. Gading Kecamatan Sei Suka, Minggu, (15/09/19).

Hadir pada acara penutupan UKW Kab.Batubara Ketua PWI Pusat yang diwakili Direktur UKW Pusat Dr. Rajab Ritonga, Ketua PWI Sumut Hermansyah, Manager Humas PT Inalum Bambang Heru Prayoga, dan Para penguji seperti Dedy Syahputra (Penguji/Medan), M. Syahrir (Penguji/Medan).

Kemudian, Djunaedi Tjunti (Penguji/Jkt), Firdaus Baderi (Penguji/Jkt), Rajab Ritonga (Penguji/Jkt), Nizwar (Penguji/Lampung), Fathurrahman (Penguji/Kalsel), Ketua PWI Kabupaten Batu Bara Alfian serta Panitia dari Pusat maupun Provinsi Sumatera Utara.

Ketua PWI Pusat yang di hadiri langsung oleh Direktur UKW DR. Rajab Ritonga menyampaikan bahwa berdasarkan UU 40 Tahun 1999 Tentang Pers bahwa sarana dan saluran resmi alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas adalah media massa.

"Bahwa fungsi media itu disamping sebagai pelaku media informasi juga fungsi pendidikan fungsi hiburan dan fungsi kontrol sosial, tambahnya, oleh karenanya refferensi UU Pers seperti UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, UU No 40 tahun 1999 tentang Pers dan UU No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran. Direktur UKW Pusat, Rajab juga mengatakan dalam penulisan berita harus memuat fakta di dalamnya terkandung 5W + 1 H". Pungkas Dr Rajab Ritonga

Sementara dalam kata sambutan Bupati Batubara yang diwakili Plt Disdikbud Batubara Ilyas Sitorus menyampaikan, Pers adalah sebuah lembaga yang dapat meningkatkan Literasi Informasi kepada masyarakat, karena era digital membuat informasi menjadi "borderless" (tanpa batas), sehingga masyarakat mengalami "banjir" informasi yang bisa benar dan juga tidak benar atau hoaks. Demikian sambutan Bupati Kabupaten Batu Bara yang di Bacakan Ilyas Sitorus

Sementara hasil UKW angkatan XXVI dan XXVII tahun 2019 di kabupaten Batu Bara yang dibacakan salah seorang penguji, Mizwar mengatakan bahwa dari 48 peserta UKW yang terdaftar dan hanya 40 peserta yang hadir, Sementara 20 peserta yang dinyatakan kompeten.

Adapun riciannya yaitu, angkatan XXVI sebanyak 20 orang peserta dinyatakan kompeten, Sedangkan sebanyak 8 orang yang belum kompeten dari 12 orang. Untuk angkatan XXVII sebanyak 20 orang peserta, dinyatakan berkompeten 12 orang dan belum berkompeten 8 orang.


Reporter : Aswat
Editor : Sapta






No comments

Powered by Blogger.
close