Tonato Foundation Gandeng Disdik Batubara Kembangkan Metode Belajar Program "PINTAR"


DN7 | Batubara - Satu tahun sudah Tanoto Foundation melakukan kegiatan dan pendampingan program PINTAR belajar di Kabupaten Batu Bara terhadap Modul 1, Stuart Weston (Technical Adviser Basic Education), Dan melakukan kunjungan dan langsung serta melihat proses pembelajaran di SD di SDN 013871 Sei Suka dan SMP Negeri 1 Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Sei Suka (8/11).

Bahwa tim program PINTAR  melihat implementasi hasil pelatihan yang diperoleh dari Tonato Foundation setahun berjalan sudah di lakukan oleh guru kepada peserta didiknya. Tentang penerapan konsep MIKIR (mengalami, Komunikasi dan Interaksi serta Refleksi ) dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada peserta didiknya.

Demikian juga dalam hal pengaturan tempat duduk harus memperhatikan MIA (Mobilitas, Interaksi dan akses) Serta Pajangan harus bisa menjadi MASUK (Mobilitas, Apresiasi,Sumber belajar, Umpan balik, Komunikasi).

Disamping itu, kunjungan juga dilakukan interaksi antara guru dan siswa tentang proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tim Tanoto Foundation yang di motori Stuart Weston melihat kinerja Kepala sekolah dalam penerapan MBS, Seperti kegiatan Paguyuban Kelas di SMP dan Pembangunan Mushola di SD Melalui peran serta masyarakat.

Ditempat yang sama Yusri Nasution, selaku (Provincial Coordinator Sumatera Utara) dan Bobby Widanto, selaku (District Coordinator) mengharapkan dari Hasil kunjungan ke sekolah ini menjadi acuan bagi tim Tanoto Foundation dalam menentukan standar kualitas program dan akan menjadikan sekolah di  Batu Bara menjadi lokasi studi banding bagi Kabupaten baru yg menjadi Mitra Tanoto.

Diakhir kunjungan Stuart Weston mengatakan, "saya atas nama Tim sangat senang dan berterima kasih kepada semua pihak yang ikut dalam menyukseskan program ini (dinas pendidikan, pengawas, kepala sekokah, guru dan orangtua serta siswa)." Ujar Stuart Weston

Lanjutnya lagi, " Selaku Mitra Tanoto Foundation, saya memberikan apresiasi setelah melihat proses pembelajaran yang sedang berlangsung, saya melihat interaksi antara siswa dan guru begitu menyenangkan sehingga proses pembelajaran berlangsung ceria.

Siswa aktif dalam kelompok dan pajangan dinding saya liat adalah hasil karya siswa - siswa dan ini sangat menyenangkan." Tukas Stuart Weston selaku Technical Adviser Basic Education.

Masih menurut Stuart, " Setelah melihat implementasi hasil pelatihan yang Tanoto Foundation berikan dengan Program PINTAR nya, sehingga para guru dengan penerapan konsep MIKIR (mengalami, Komunikasi dan Interaksi serta Refleksi) dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada siswa termasuk pengaturan tempat duduk sudah memperhatikan MIA (Mobilitas, Interaksi dan akses) Begitu juga pajangan kami lihat di dalam kelas kelas sudah menjadi MASUK (Mobilitas, Apresiasi,Sumber belajar, Umpan balik, Komunikasi).

Sambungnya, kami juga melihat dan menyaksikan program kerja kepada sekolah dalam peneraban MBS (manajemen berbasis sekolah), semua ini sangat membanggakan kami dan tentunya kita semua dan kedepan sekolah-sekolah Mitra kami yang ada Batu Bara akan kami jadikan sebagai tempat belajar mitra-mitra baru Tanoto Foundation. " Pungkas Stuart dan mengakhiri perbincangan

Hadir dalam acara tersebut selain Plt. Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, Tim Tanoto Foundation yang terdiri dari Stuart Weston (Technical Adviser Basic Education), Yusri Nasution (Provincial Coordinator Sumatera Utara) Tarwiyah (Training Spesialist) Bobby Widanto (District Coordinator), Kepala SDN 013871 Sei Suka, Sri Siswati. Ka. SMPN 1 Sei Suka, Sugito.

Selain itu, turut juga ikut menyaksikan dilokasi sekolah tersebut staf Direktorat Pembinaan Sekokah Dasar Kemendikbud RI, Erni Malik dan Franky.-yas. (Aswat)

Editor : Sapta



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel