Kapolres Batubara Bentuk Tim Gabungan Bahas Soal Tanah dan Menerima Kunjungan PB Gemkara - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Kapolres Batubara Bentuk Tim Gabungan Bahas Soal Tanah dan Menerima Kunjungan PB Gemkara


DN7 | Batubara - 

Kapolres Batubara AKBP H Ikhwan Lubis SH MH menerima kunjungan pengurus besar GEMKARA sembari membincangkan soal sengketa tanah timbul yang diduga di perjual belikan oknum  Sementara itu Kapolres Batubara H Ikhwan Lubis SH MH menerima aspirasi pengurus Gemkara dan menegaskan akan membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan dalam kaitan persoalan tanah timbul di Batubara.

Tim gabungan yang akan dibentuk dari Sat Intelkam dan Serse Polres Batubara  yang akan ditugaskan untuk melakukan penyelidikan sejahu mana aktivitas jual beli tanah dalam persoalan tanah timbul yang terdapat di Kecamatan Medang Deras.

"Saya tidak punya kepentingan, saya akan berdiri tegak lurus, soal tanah, prinsipnya adalah punya negara dan akan dikembalikan ke negara," Tegas Kapolres Batubara saat menerima kunjungan audiensi Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batubara (Gemkara) diruang kerjanya, selasa (21/1/2020).

Kapolres Batubara AKBP H Ikhwan Lubis SH MH yang menggagas lahirnya Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) itu mengaku jika kemudian nanti ditemukan ada pelanggaran hukum dalam jual beli tanah timbul didaerah itu, ia tidak segan- segan akan menindak tegas persoalan itu.

"Buat apa saya tanah, saya juga tidak mau punya banyak tanah, lebih baik saya membangun pesantren dari pada saya diberikan tanah," Tegas AKBP Ikhwan Lubis SH, yang juga didampingi oleh Kasat AKP Intel Very Kusnadi SH, MH.

Sebelumnya, Ketua Umum Gemkara Batubara Khairul Muslim mengaku telah melaporkan dugaan pelanggaran atas penyerobotan tanah timbul sebanyak 386 hektar si Desa Pematang Nibung dan Desa Durian di Kecamatan Medang Deras.

Dalam surat nomer 002/E/PB.Gemkara/I/2020 itu meminta kepada Bapak Kapolres Batubara untuk menghentikan operasional alat berat beko di tanah timbul Kecamatan Medang Deras.

Wartawan senior kota Medan Sumatera Utara itu juga meminta kepada Kapolres Batubara untuk mempertajam fungsi Inteligen dalam melakukan sweping pencegahan persoalan hukum di Batubara.

Selain itu, Khairul Juga melaporkan rencana pelantikan serentak di 12 Divisi Gemkara Batubara yang rencananya akan dilaksanakan di Pantai Jono di Batubara.

Dalam pelantikan Gemkara yang dijadwalkan pada bulan Februari bulan depan itu meminta kepada Kapolres Batubara bersedia menjadi narasumber dalam kaitan Kamtibmas pada pelantikan organisasi yang dipimpinnya.

Sedangkan Dandim 0208 juga diharapkan dapat bersedia sebagai nara sumber bela negara dalam pelantikan Organisasi Gemkara di Pantai Jono, Batubara.

Sebelumnya, Gemkara Batubara telah menyampaikan surat Himbauan ke Bupati Batubara. Dalam surat itu, Gemkara meminta kepada Bupati Batubara untuk menghimbau kepada para kepala desa dan camat untuk menghentikan aktivitas jual beli tanah timbul di Kecamatan Medang Deras.

Sedangkan di internal Gemkara sendiri, telah membentuk tim tanah yang berjumlah sembilan orang untuk melakukan inventarisasi, monitoring dan investigasi terhadap persoalan tanah timbul di Batubara. Selanjutnya, Gemkara juga melaporkan hasil investigasinya kepada pihak-pihak yang berkompeten di daerah itu. (Aswat)

Editor : Sapta



Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close