Wakil Walikota Gelar Apel Penanggulangan Benca Alam Bersama Marinir Belawan - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Wakil Walikota Gelar Apel Penanggulangan Benca Alam Bersama Marinir Belawan


DN7 | Belawan - 

Bertempat di Lapangan Istana Maimun, Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, Prajurit Sarang Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan turut mengikuti Apel bersama Penanggulangan Bencana Alam, Rabu (22/1/2020) pagi.

Pelaksanaan tugas Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution dalam sambutannya, mengajak semua pemangku kepentingan di daerah itu untuk mengoptimalkan mitigasi bencana dalam upaya mengantisipasi terjadinya korban jiwa saat terjadinya bencana alam. Ucapnya.

Lanjutnya, "Penanggulangan bencana tidak lagi dititik beratkan hanya pada penanganan kedaruratan, namun lebih pada upaya pengurangan risiko bencana yang menuntut adanya kesiapsiagaan seluruh pihak," ungkap Akhyar Nasution.

Masih kata Akhyar, "Untuk itu, melalui apel siaga bencana ini saya menghimbau kepada seluruh pihak untuk dapat mengoptimalkan upaya mitigasi bencana, bukan hanya pada masa terjadinya bencana, namun juga secara periodik sebagai upaya pengurangan risiko bencana di Kota Medan," imbuhnya.

Ditambahkannya, kalau musim penghujan, di Medan masih terdapat genangan, makanya pihaknya terus melalukan perbaikan dan kesiapsiagaan, dan di musim kemarau ini, kami minta pihak terkait melakukan perbaikan. Di musim kemarau ini merupakan kesempatan kita untuk melakukan perbaikan. Harapnya.

Akhyar juga menjelaskan, potensi bencana yang sering terjadi seperti kebakaran. Berdasarkan data yang ada, hampir setiap hari terjadi kebakaran di Kota Medan. Dalam upaya mitigasi itu, diperlukan kerjasama dan langkah-langkah konkret dari seluruh pihak.

Karenanya seluruh pihak, baik institusi pemerintah, TNI, Polri, swasta, dan instansi terkait untuk dapat merapatkan barisan, meningkatkan koordinasi secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan agar semua pihak mampu bekerjasama dan berperan secara maksimal sesuai dengan kapasitas masing-masing, terutama dalam menghadapi cuaca ekstrim. tuturnya.

Turut hadiri kegiatan apel bersama ini, Danyon Marhalan I Mayor Farick, M.Tr, Opsla, Dandim 0201/BS Medan, Kolonel Inf Roy J Hansen Sinaga, Danlanud Soewondo Kolonel PNB Meka Yudanto, Kapolrestabes Medan, Kepala BPBD Medan Arjuna Sembiring, jajaran Camat, Lurah dan Kepling se-kota Medan.

Adapun peserta apel penaggulangan bencana ini terdiri dari 1 SSK TNI AD, 1 SSK Yonmarhanlan I, 1 SSK TNI AU, 1 SSK Polri, 1 SSK Pegawai Pemko Medan, 1 SST Dishub Pemko Medan, 1 SST Pol PP Pemko Medan, 1 SST Tagana, 1 SST BPBD Kota Medan, 1 SST Dinas kesehatan Pemko Medan, 1 SSK Basarnas, dan 1 SSK pelajar Pramuka.

Usai apel kesiapsiagaan bencana, Plt. Walikota Medan bersama Danyon Marhalan I, Mayor Farick M.Tr. Opsla, Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy J Hansen Sinaga, Danlanud Soewondo Kolonel PNB Meka Yudanto, Kepala BPBD Medan Arjuna Sembiring dan seluruh peserta apel menyusuri Sungai Deli, dimulai dari Jalan AH Nasution hingga Belawan untuk melaksanakan gotong royong pembersihan sepanjang bantaran sungai Deli. (Boim)

Editor : Sapta

Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close