Sempat Viral di Medsos, Kapolres Batubara Akhirnya Mengunjungi Kampung "Dordar" - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Sempat Viral di Medsos, Kapolres Batubara Akhirnya Mengunjungi Kampung "Dordar"



DN7 | Batubara - Terkait kunjungan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH kesebuah kampung yang di sebut "Dordar"Kelurahan lima Puluh, Kec.Lima Puluh kota, Kapolres Di Doakan warga kampung, " Terima Kasih Pak Kapolres, Sehat -sehat selalu dan sukses dalam menjalankan tugas nya ya pak." Ucap salah satu warga bernama ibu Dewi (63) yang merasa terharu atas kunjungan Kapolres ke kampung mereka.

Semula nya kampung yang disebut nama "Dordar" sempat viral di media sosial (Mainstream) tentang sekelumit kisah kampung dordar yang terletak disudut kota Lima Puluh Kabupaten Batubara, mendengar segelintir orang tentang kampung tersebut, akhirnya menimbulkan rasa penasaran Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH untuk mengunjungi Kampung tersebut pada Senin siang, (29/6).

Berawal kampung yang dinamai dengan Dordar yang disebut-sebut warga berada di sepanjang pertokoan jalan Lintas Sumatera tepatnya di kota Simpang Lima Puluh Kota Kabupaten dimaknai dengan "Donor darah" / (Dordar) yang dijelaskan oleh sesepuh daerah tersebut.

Salah seorang warga bernama ibu Murni mengatakan, bahwa penduduk yang berada di kampung tersebut adalah warga yang tidak memiliki tempat tinggal tetap, kebanyakan warga yang ada di kampung dordar adalah penyewa rumah yang berada tepat di belakang barisan ruko di sepanjang jalan Simpang Lima puluh kota.

Jumlah warga penghuni kampung dordar kurang lebih 25 kepala keluarga bermukim di rumah sewa, pekerjaan mereka semberawutan, ada tukang parkir dan penjaja sayur serta buah -buahan di kota lima puluh.

Ibu murni mengatakan bahwa mereka hidup miskin dan selalu banyak kekurangan dikarenakan penghasilan mereka serabutan, " Hasil kerja kami dari serabutan, ada yang menjadi pemulung dan tukang parkir di kota lima puluh ini," Ujar Murni

Namun disisi lain, ada kisah yang berkesan bagi penghuni Kampung ini dahulu nya setiap 3 bulan sekali mereka berbondong-bondong mendonorkan darahnya ke suatu tempat yang bekerjasama dengan palang merah Indonesia (PMI).

Ada yang mendonorkan darah demi memenuhi kebutuhan hidup dan ada yang ingin mendapatkan uang untuk modal berdagang. Serta ada pula yang sengaja mendonorkan darahnya untuk kesehatannya.

Hal tersebut dilakukan sebagian warga dilakukan karena mereka sudah tidak lagi tahu bagaimana caranya untuk bertahan hidup dari hasil pekerjaan mereka, Sementara bantuan jarang sekali mereka dapat kan dari pihak manapun, hal nya disebabkan warga dordar tidak memiliki dokumen negara (data warga) yang jelas, sehingga tidak terdaftat dalam bentuk bantuan miskin dari pemerintah Kabupaten. Saat ini sudah hampir 20 tahun tanpa terpantau oleh pemerintah setempat, kata Ibu murni.

Dikatakan Kapolres Batubara Ikhwan SH MH, " Saya dan jajaran kepolisian Polres Batubara akan selalu mengunjungi kampung dordar setiap bulannya, untuk memastikan kampung dordar beraktivitas sebagaimana seharian nya ." Ucap Kapolres Ikhwan

Lanjut nya lagi, " Untuk Kampung dordar dari mulai saat ini, apalagi saya lihat Kampung ini tidak jauh keberadaannya dari Mapolres Batubara akan saya kunjungi, bila perlu saya datang ke kampung ini dengan berjalan kaki agar lebih berkah, " Pungkas Kapolres Ikhwan

Dan harap Kapolres Ikhwan, "  Saya minta agar orang kampung dordar menjaga tali persaudaraan dan kekeluargaan,Jauhi Narkoba. Walau Kampung ini kecil tapi persaudaraan terjalin erat, sebagaimana terlihat masyarakat yang ada di sini seperti Batak, Melayu, Jawa, Cina, Padang, ada di kampung ini saya. Saya bangga dan salut melihat kekompakan warga kampung dordar." Tandas Kapolres Ikhwan.

Hadir mendampingi Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH, Kabag OPS Kompol Rudy Candra SH, Kasat Lantas AKP Eridal fitrah SH, Kasat Binmas AKP M.Safi i  SH, Kanit Sat Narkoba Iptu Santo Hutabarat SH, KBO Satlantas Ipda Jimmi Irwin Beserta jajaran Polres Batu bara. (Aswat)

Editor : Sapta



Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close