Ditinggal Pemiliknya Ke Warung Kopi, Bengkel Sitopu Ludes Terbakar Sambar 4 Rumah Tetangga


Foto : Polsek Kotarih Investigasi Lokasi Kebakaran



DN7 | Serdang Bedagai - Bengkel merangkap tempat tinggal milik Sitopu alias Kengkeng (52) berkokasi di Dusun I, Desa Kotarih Pekan, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai, ludes terbakar, Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 20.20 WIB.

"Belum diketahui sumber api yang menghanguskan bengkel tersebut, tetapi akibat kebakaran itu, ruang tengah hingga ke dapur bangunan hangus terbakar dan kerugian material mencapai Rp50 juta," terang Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robinson Simatupang SH,MHum melalui Kapolsek Kotarih, IPTU Domdom Panjaitan kepada wartawan, Minggu (6/9/2020).

Selain itu, sambung Panjaitan, api juga menyambar empat rumah disekitarnya, antara lain rumah milik Masa Br Saragih alias Mamak Parla (60) bangunan dapur habis terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp10 juta.

Kemudian, rumah Masniah Br Sipayung, (63) dapur terbakar dengan kerugian mencapai Rp5 juta. Rumah milik Horna Br Saragih, (65) kondisi asbes dan atap seng hangus terbakar dengan kerugian Rp5 juta dan rumah milik Naik Damanik, (70) kondisi dinding kanan bagian atas bangunan rumah terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp5 juta.

Kapolsek Kotarih, IPTU Domdom Panjaitan mengungkapkan bahwa kejadian terjadi pada hari Sabtu (5/9/2020) sekira pukul 20.00 WIB.

Pada saat itu, kata Domdom, lampu listrik PLN baru menyala dan sekitar pukul 20.20 WIB, saksi Masa Br Saragih alias Mamak Parla melihat api di bagian dapur bangunan Bengkel Sitopu alias Kengkeng sudah membesar.

"Lalu dengan spontan dia berteriak keras mengatakan Api...!Api...! Kebakaran...!" Ungkap Panjaitan.

Kemudian dijelaskan kapolsek lagi, saksi mata Masniah Br Sipayung keluar dari rumahnya dan melihat api di dalam ruang tengah rumah tetangga rumahnya yaitu di Bengkel Sitopu alias Kengkeng api telah marak membesar.

Kemudian Masniah Br Dipayung berteriak minta tolong sambil berkata "Api.. Api... Terbakar... Terbakar sambil menunjuk rumah sebelahnya" .

Akhirnya dengan spontan warga berdatangan untuk membantu memadamkan api tersebut dengan menyiramkan air pakai ember secara beramai ramai dan juga dibantu personel Polsek Kotarih, karena TKP dari Polsek hanya berjarak 300 meter

Selanjutnya, sekitar pukul 21.30 WIB, mobil Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang yang di pimpin oleh Eka Sianipar dan Tim Damkar Kecamatan Dolok Masihol, Kabupaten Serdang Bedagai yang di pimpin oleh Ahmad Alwil Harahap tiba di TKP langsung melakukan pemadaman api untuk lebih menyakinkan supaya api tersebut benar benar telah padam

"Diduga api bersumber dari rumah Bengkel Sitopu dan api tersebut telah sempat merambat ke rumah di sebelahnya atau tetangga, sehingga sebagian bangunan rumah ikut terbakar," ujar Kapolsek.

Pada saat sebelum kejadian, bengkel Sitopu alias Kengkeng tidak berada di dalam rumah namun berada di kedai kopi

Bangunan rumah Bengkel Sitopu als Kengkeng terbuat dari berbahan kayu dan bangunan tersebut merupakan bangunan lama sehingga sangat mudah untuk terbakar

Bahan bangunan rumah yang bertetangga dengan rumah bangunan Bengkel Sitopu alias Kengkeng juga dominan berbahan kayu dan tepas bambu sehingga sangatlah mudah untuk terbakar

Petugas juga menemukan pada saat di TKP, meteran lisrik yang ada di rumah Bengkel Sitopu alias Kengkeng masih dalam keadaan aktif dan normal.

Dugaan sementara terjadinya kebakaran tersebut masih dalam Lidik. Dan data sementara total kerugian materil atas kejadian tersebut sekitar Rp70 juta dan tidak ada korban jiwa. Pungkas Panjaitan. (Asen)

Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel