Takut Debit Air Sungai Bahorok Turun, Warga Tolak Aktivitas Galian C - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Takut Debit Air Sungai Bahorok Turun, Warga Tolak Aktivitas Galian C


FOTO :
Warga menolak adanya proyek galian C di Sungai Bahorok.
 
DN7 | Bahorok -
 
Warga di Kecamatan Bahorok  Kabupaten Langkat menolak adanya proyek galian C di Sungai Bahorok. Penolakan ini dikarenakan, warga  khawatir galian C tersebut bisa mematikan sumber perekonomian masyarakat.
 
“Banyak persawahan dan kolam kami yang memanfaatkan  irigasi yang mengandalkan aliran Sungai Bahorok sebagai sumber air. Jadi kami khawatir aktivitas galian C itu bisa mengakibatkan debit air turun, ”, ujar salah seorang warga,  Rahmanudin, Spd ketika dihubungi, Rabu (21/10/2020).
 
Tak hanya aktivitas pertanian saja yang dikhawatirkan terganggu,  aktivitas pariwisata, rafting dan tubing  yang juga menjadi sumber pemasukan masyarakat  akan lumpuh.
 
“Termasuk juga dengan kebun masyarakat yang ada di sepanjang Sungai Bahorok akan  terkena erosi sehingga bisa  hanyut terbawa air sungai,”  kata Rahmanudin.
 
Penolakan warga ini menurut Rahmanudin sudah ditunjukkan dengan aksi protes warga di lokasi galian C. Dan sejauh ini sudah mendapat tanggapan dari pihak Kecamatan, Polsek dan juga Koramil setempat.
 
“Pak Camat, Dameka Putra Singarimbun berjanji akan memediasi kami dengan pemilik usaha, dan memang aktivitas galian saat ini sudah berhenti,” kata Rahmanudin.
 
Informasi dari warga menyebutkan, aktivitas galian C sudah mulai berlangsung sejak bulan lalu, dan aktivitas berlangsung setiap hari. 
 
 
Reporter : Tim@red
 
Editor : Diko

 
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close