Kurangi Angka Pengangguran di Sumut, Bupati Batu Bara Buka Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri

Foto : Bupati Batu Bara Zahir di dampingi Kadis Naker Provsu saat membuka kegiatan pemagangan dalam negeri. (Erwin)

DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP membuka secara langsung kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Program Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di BallromSingapore Land City Hotel kecamatan Sei Balai, kabupaten Batu Bara, Jum’at (09/07/2021).

Tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan pengalaman dan produktifitassarta mampu bersaing seiring dengan tumbuhnya Kawasan Industri yang akan datang.

Pelatihan dilakukan selama lima (5) bulan, para peserta mendapatkan fasilitas berupa uang saku 1 juta per bulan, ansuransiselama magang dan sertifikat magang.

KadisNakerProvinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian. SH. M. SI dalam arahannya menyampaikan, apresiasi kepada Bupati Batu Bara yang ikut membantu mensukseskan acara ini.

Teruntuk adik-adik peserta magang kiranya nanti bisa meningkatkan skill. Peserta dilatih untuk memiliki keterampilan diri dalam pekerjaan yang nantinya bisa berguna bekerja dalam negeri maupun luar negeri, beber KadisNakerProvsu Baharuddin.

Dijelaskan KadisNakerProvsu, keseluruhan peserta pemagangan dan pelatihan berjumlah 300 orang yang dilaksanakan dua tahap. Untuk tahap pertama Medan 100 peserta, Asahan 10 peserta, Batu Bara 10 peserta dan sisanya akan dilatih pada tahap berikutnya.

“Adik-adik peserta magang agar lebih bisa produktif, efektif dalam bekerja. Sehingga tingkat pengangguran di Provinsi Sumatera Utara (Provsu) akan berkurang, “ harap KadisNakerProvsu Baharuddin.

Di katakan Baharuddin, Pemerintah Provsu tetap berperan aktif untuk membangun SDM, dengan ditandai tahun 2022 akan membangun Kawasan Diklat terpadu di Sibolangit.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KadisNakerProvsuyang juga merupakan putra asli Batu Bara.

Pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat terlebih di tengah-tengah masa sulit Pandemi COVID-19. Dan pelatihan ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), ujar Bupati Zahir.

Sebagai info, kabupaten Batu Bara adalah daerah dengan peringkat ke 2 yang memiliki Pelabuhan terbesar dan kedepannya juga akan menjadi Kawasan Industri Nasional (KIN).

“Kepada peserta magang, adik-adik merupakan anak-anak yang paling beruntung dari anak-anak muda di luar sana karena terpilih mendapat kesempatan mengikuti magang dan pelatihan kerja ini, “ sebut Bupati Zahir.

Lanjutnya, bulan depan juga Pemkab Batu Bara akan mengadakan pelatihan bagi anak-anak muda Batu Bara, seperti pelatihan bengkel sepeda motor, salon, menjahit danasin banyak lagi, ini kita lakukan juga demi mengurangi angka pengangguran di Sumatera Utara (Sumut)

“Pada saat ini kita berada pada revolusi 4.0 dan akan meningkat 5.0. maka dari itu keterampilan juga harus ditingkatkan. Saya berharap untuk mempersiapkan diri kedepannya. Karena kabupaten Batu Bara akan dibangun pusat industri terbesar, tentunya ini berkat dukungan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Bapak Edy Rahmayadi,“ terang Bupati Batu Bara Zahir.

Kegiatan tersebut turut di hadiri selain Bupati Batu Bara, Kadis Naker Provsu, tampak hadir Kabid NakerProvsu, KadisNakerBatu Bara dan Camat Sei Balai.

Reporter : Erwin

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel