Bupati Zahir Gencar Berikan Bantuan, Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Foto : Bupati Zahir di dampingi Ketua TP PKK Ny Maya, bersama kepala departemen CSR PT Inalum Ismail Midi. (Erwin)

 

DikoNews7 -


Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara terus gencar memulihkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi COVID-19. Salah satu Langkah yang di tempuh Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP yakni dengan memberikan bantuan kepada pelaku UMKM.
 
Bantuan tersebut diberikan secara simbolis di Rumah Dinas Bupati Batu Bara Komplek PT Inalum Tanjung Gading kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Rabu (13/10/2021).
 
Para pelaku UMKM yang menerima bantuan ini sebelumnya sudah mengikuti pelatihan yang di selenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah agar dapat menghasilkan produk yang bernilai saing dan ekonomis bagi masyarakat.
 
Bantuan yang di berikan Pemkab Batu Bara berupa 20 unit gerobak bakso, 20 unit gerobak kopi, 20 unit mesin espreso dan penggiling kopi, 90 unit tenda, 75 unit meja dan kursi.
 
PT Inalum juga memberikan bantuan kepada Pemkab Batu Bara berupa 10 unit gerobak kuliner kayu, yang nantinya akan di bagikan kepada masyarakat pelaku UMKM yang ada di kabupaten Batu Bara.
 
Pemkab Batu Bara juga memiliki program peningkatan ekonomi kecil berbasis masjid, melalui lembaga Dewan Pengurus Daerah Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kabupaten Batu Bara. Program ini akan di wujudkan dengan membentuk usaha minuman kopi di lingkungan masjid.
 
Ide ini bertujuan untuk menarik perhatian para remaja untuk lebih aktif datang ke masjid. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan keagamaan, para remaja ini nantinya dapat bersantai minum kopi di wilayah masjid.
 
Untuk mewujudkan program tersebut Dinas Koperasi dan UMKM memberikan 10 gerobak minuman kopi kepada Lembaga Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kabupaten Batu Bara.
 
“Bantuan peralatan produksi bagi pelaku UMKM ini bertujuan untuk mendukung kemajuan UMKM dan Kelompok Remaja Masjid di kabupaten Batu Bara, hal ini dilakukan karena selama wabah COVID-19 kegiatan ekonomi masyarakat mengalami penurunan yang cukup dratisdan sangat mempengaruhi kepada laju pertumbuhan ekonomi,“ sebut Bupati Zahir.
 
Di katakan Bupati Zahir, keberadaan UMKM memiliki peranan besar dalam pembangunan sebuah daerah, khususnya partisipasinya dalam perekonomian yaitu menjadi salah satu pilar penopang perekonomian bagi negara.
 
“Untuk Pemkab Batu Bara akan terus mendukung program-program yang bertujuan untuk memajukan UMKM yang ada di kabupaten Batu Bara,“ tutup Bupati Zahir.
 
Turut hadir, Kepala Departemen CorporateSocialResponsibility (CSR) PT Inalum Ismail Midi, Ketua TP PKK kabulaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Arif Hanafiah SSTP serta Ketua BKPRMI Mukhrizal Arif.
 
Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel