Banjir Rob di Belawan, Pelindo Harus Ikut Bertanggung Jawab

Foto : Banjir Rob di Belawan.

DikoNews7 -

Banjir rob yang semangkin meluas di beberapa kawasan di Medan Utara, terutama di Belawan akibat dampak reklamasi Pelabuhan Belawan. Untuk itu, pihak yang melakukan proyek reklamasi harus ikut bertanggung jawab menaggulangi banjir air laut yang menggenangi daratan. 

Memang benar, banjir rob di Belawan salah satu dampak dari proyek reklamasi. Makanya, pihak pihak yang melakukan reklamasi yakni Pelindo harus ikut bertanggung jawab. Ucap Legiman Ketua kelompok nelayan tradisional  KUB ( Kelompok Usaha Bersama) Baung Jaya, Minggu ( 15/5/2022) di Belawan. 

Menurut Legiman yang dinggal di Kelurahan Belawan Bahagia, proyek reklamasi mengakibatkan fungsi resapan air yang semangkin berkurang. Sebab kawasan yang seharusnya menjadi resapan air malah ditimbun. 

Kawasan resapan air semangkin berkurang, karena adanya reklamasi. Sekarang lagi Pelindo Cabang Belawan melakukan penimbunan dilaut bagian pinggiran diwilayah sekitar Kantor Pelindo Cabang Belawan untuk pembangunan tangki tangki penimbunan. Kata Legiman. 

Akibatnya, ribuan rumah penduduk di enam Kelurahan yang ada di Kecamatan Medan  Belawan dan sekitarnya terendam banjir rob. Ucap Legiman. 

"Liat aja sekarang, Kota Belawan sudah bagaikan lautan, dan di Kelurahan Belawan Bahagia sekarang kalau sudah banjir rob, sampan sudah bisa didayung didaratan. Imbuhnya. 

"Jadi Pelindo harus ikut bertanggung jawab banjir rob yang ada di Belawan, " jelas Legiman Ketua kelompok nelayan tradisional KUB ( Kelompok Usaha Bersama) Baung Jaya. 

Reporter : Nur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel