Pembelian Timbangan dan Kursi Posyandu, Bendahara Desa Helvetia Kangkangi Tugas TPK


DikoNews7 -

Bendahara Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara mengakui mengambil alih tugas ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dalam pembelian timbangan dan kursi sebagai kebutuhan Posyandu di 14 dusun, yang merupakan Anggaran Dana Desa (ADD).

Hal itu diakui Bendahara Desa Helvetia Novi, ketika bincang-bincang dengan awak media di ruang kerjanya, pada Kamis (29/12/2022) kemarin.

Dalam keterangannya Novi mengatakan kebijakan yang diambilnya tersebut merupakan perintah Kepala Desa (Kades) Helvetia, Agus Salim dan Sekdes, Komaruddin selaku atasannya.

Alasannya, sambung Novi, dikarenakan ketua TPK yang juga menjabat Kepala Urusan (Kaur) Pelayanan Desa Helvetia, Edwin Agus, dinilainya tak mampu untuk menjalankan tugas yang diberikan. 

“Ya kita lihat la, pak Lilik (panggilan Edwin Agus) itu kurang sehat, jadi gak mungkin kita suruh dia untuk membeli kebutuhan Posyandu, seperti timbangan dan kursi. Makanya Kades dan Sekdes memerintahkan kepada saya untuk membeli,” ujar Novi.

Namun, ketika disinggung apakah langkah pengambilalihan tugas yang merupakan tanggungjawab ketua TPK itu tidak melanggar aturan, Novi mengatakan hal dilakukannya karena perintah atasannya.

“Saya ini hanya menjalankan perintah atasan. Kades yang memerintah saya untuk membeli kebutuhan Posyandu, termasuk juga Sekdes Jadi yang saya lakukan bukan kemauan saya,” ucapnya.

Terpisah Kades Helvetia, Agus Salim, yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya terkait soal pengambilalihan tugas dan fungsi TPK dalam pengadaan kebutuhan Posyandu untuk 14 dusun, sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Dana Desa tersebut tidak memberikan jawaban. 

Begitu juga pesan singkat WhatsApp yang dikirimkan ke nomor ponsel di +62 81*-****-**60 miliknya, belum dibalas.

Hal yang sama juga dilakukan, Sekdes Helvetia, Komaruddin, dimana saat ditemui di kantor Desa Helvetia, berupaya menghindar dari kehadiran wartawan dengan alasan hendak ke kantor Kecamatan Labuhan Deli.

“Bantar ya bang, saya mau ke kantor kecamatan,” kata Komaruddin sambil berlalu tanpa memberi jawaban kepada wartawan yang menghampirinya.

Diketahui, berdasarkan informasi diperoleh, pembelian timbangan dan kursi untuk Posyandu di 14 dusun, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, bersumber dari ADD.

Dengan rincian 1 dusun mendapatkan 1 timbangan dan 10 kursi plastik, serta katalog alat peraga guna mendukung kegiatan Posyandu di 14 dusun, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang.

Reporter : Tim

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel