Pj Bupati Batu Bara Buka Bimtek Dalam Penerapan Aplikasi Srikandi


DikoNews7 -

Pejabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul SE MM melalui Asisten III Sekretaris Daerah kabupaten (Setdakab) Batu Bara Renol Asmara membuka acara Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Aula Hotel Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Selasa (07/05/2024).

Sejalan dengan hal itu, kata Renol, Bimbingan Teknis Srikandi bertujuan untuk menjamin ketersediaan arsip lebih meningkatkan pelayanan publik melalui sistem aplikasi berbasis elektronik. 

Menjamin penyelamatan arsip sebagai sumber informasi dan mendukung penyelenggaraan administrasi Pemerintah di daerah, arsip harus dikelola, dipelihara dan dilestarikan guna mendukung hak-hak keperdataan.

Dengan terbitnya Peraturan Bupati Batu Bara Nomor 8 Tahun 2023 tentang penerapan Srikandi. Di harapkan peraturan tersebut dapat menjadi pedoman dalam proses penyelenggaraan kearsipan dilingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Batu Bara, sebut Renol.

Lanjut Renol, sebagaimana kita ketahui bahwa urusan kearsipan merupakan salah satu urusan wajib dalam penyelenggaraan Pemerintah di negara kita sebagai urusan wajib tentunya setiap kecamatan, bagian OPD yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan wajib melaksanakan dan menjalankan urusan kearsipan.

"Arsip merupakan simpul pemersatu bangsa, roh sebuah organisasi dan bukti otentik dari sebuah rekaman kegiatan tidak terbantahkan. Melalui sebuah arsip kita akan mengetahui sejauh mana dan bagaimana sesuatu itu ada dan terjadi, kita akan memahami dan memaknai sesuatu tersebut setelah mengetahui sejarah, proses perjalanannya dan itulah arti penting dan posisi sebuah arsip," ungkap Renol.

Pemahaman seperti ini wajib kita punyai sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat memiliki tugas yang panjang, tandasnya.

Kegiatan turut dihadiri oleh Kadis Perpustakaan kabupaten Batu Bara Elpandi SAg MM, Narasumber Alisman Marbun.S.Sos.M.SI (Kabid Arsip Provinsi Sumatera Utara), Zulaikha Lubis.S.E (Penyuluh Kearsipan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Sumatera) dan para OPD, Kasubag dan Operator.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel