Kosekhanudnas III Melaksanakan Latihan Hanudnas Tutuka TA.2019


DikoNews7 | Medan - 

Pada tanggal 14 Oktober 2019 Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E selaku Direktur Latihan (Dirlat), secara resmi membuka Latihan Hanudnas Tutuka tahun 2019 melalui Video Conference (Vicon), di ruang Yudha Popunas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma. 

Acara pembukaan Latihan Hanudnas Tutuka TA. 2019 diikuti melalui Vicon oleh pejabat Makohanudnas dan jajaran Kosekhanudnas I, II, III dan IV, serta unsur-unsur Pertahanan Udara (Hanud) lainnya yang terlibat dalam latihan.

Panglima Kosekhanudnas III, Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, S. AB., mengatakan bahwa Latihan Hanudnas Tutuka TA. 2019merupakan puncak latihan Kohanudnas yang bertujuan untuk mengujimengukur kemampuan operasi pertahanan wilayah udara nasional dan unsur-unsur pertahanan wilayah udara nasional beserta unsur kewilayahan dalam pelaksanaan tugasnya.

Latihan Hanudnas Tutuka TA. 2019 tersebut juga sebagai uji tingkat kesiapsiagaan unsur-unsur Hanud yang berada di jajaran Kohanudnas dalam menghadapi acaman yang sebenarnya untuk penindakan maupun penangkalan yang dapat memberikan efek tangkal terhadap niat lawan yang akan melakukan penyerangan, juga terwujudnya konsep strategis penindakan, jika lawan memaksakan untuk melakukan serangan, baik secara terbatas maupun konvensional ke wilayah udara nasional.

Peserta dalam latihan tersebut terdiri dari Kohanudnas, Kosekhanudnas I, II dan III, sertamelibatkan beberapa unsur Hanud lainnya seperti: pesawat Tempur Hawk 109 dari Skadron Udara I Lanud Supadio, pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, pesawat EMB 314 Super Tucano dari Skadron 21 Lanud Abdulrachman Saleh, pesawat Boeing AI-7301 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, KRI Sampari 628, Den Arhanud Rudal 004 Dumai dengan sasaran latihan Refainery unit II PT. Pertamina Dumai.

Editor : Sapta




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel