Jelang Nataru, Polda Sumut Kerahkan 7.750 Personel

DN7 | Medan - 

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin perintahkan seluruh jajarannya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan pengamanan menyambut Perayaan Natal, 25 Desember 2019, dan Tahun Baru 1 Januari 2020 (Nataru, red).
“Kita sudah memberikan petunjuk dan arahan kepada seluruh jajaran agar tetap meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan dalam melakukan pengamanan di masyarakat,” Ucap Mantan Kapolda Papua ini kepada wartawan. Minggu (22/12).
Sambungnya, saat ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten maupun di Kota Sumut, masih tetap aman dan kondusif. Polda Sumut bekerjasama dengan TNI, pemerintah, organisasi masyarakat (Ormas) dan elemen masyarakat di daerah tersebut.
“Mulai Senin kita menggelar Operasi Lilin Toba 2019 untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yakni, dengan sasaran dan target pengamanan dilakukan di setiap gereja, pusat perbelanjaan seperti Mal, Pasar, Bank, Supermarket, tempat rekreasi, terminal Bus, Pelabuhan dan Bandara,” imbuhnya.
Sementara, untuk lokasi pariwisata Danau Toba, Kapolda sudah melakukan pengecekan kesiapan angkutan kapal penyeberangan dan pengamanan di sejumlah pelabuhan di Samosir dan Simalungun.
“Saya minta AKBP Muhammad Saleh selaku Kapolres Samosir mengajak pemerintah kabupaten, dan dinas perhubungan untuk mengawasi muatan dan penumpang kapal agar kapal tidak overload saat membawa penumpang,” tegasnya.
Martuani menambahkan, petugas harus mengawasi setiap penyeberangan di setiap pelabuhan agar peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun tidak terjadi lagi dan nakhoda kapal wajib memperhatikan kelayakan saat berlayar, dan wajib dilengkapi surat izin berlayar. Imbuhnya.
Kemudian, setiap kapal wajib melengkapi life jaket untuk seluruh penumpang, dilarang mengangkut penumpang dan barang melebihi kapasitas, penumpang dan barang harus sesuai manifest dan nakhoda wajib mempedomani cuaca saat akan berlayar melakukan penyeberangan. Tegasnya.
Sementara, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, sebanyak 7.750 personel Polda Sumut dikerahkan mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Jumlah ini terdiri 652 personil Polda Sumatera Utara, serta 7.098 personil dari wilayah Polres masing masing.
“Dalam pengamanan ini, Polri dibantu oleh personil gabungan dari TNI sebanyak ada 334 personil, 280 anggota Dinas Pemadam Kebakaran, 130 personel Dinas PU, 440 personil Satpol, Dinas Perhubungan 550 personil, Dinas Kesehatan 60 orang dan Pramuka 220 personil,” imbuhnya.
Nainggolan menambahkan, pihaknya juga mendirikan Pos pengamanan (Pospam) di 102 lokasi dan Pos pelayanan (Posyan) 34 lokasi. Pos ini tersebar di beberapa lokasi termasuk jalur arus mudik dan arus balik untuk melayani masyarakat. (Dame)
Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel