MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Diduga Ada Mufakat Jahat Oknum ASN Menutup Drainase Jalan Merdeka, "Masyarakat Minta Rabat Beton Yang Menutupi Drainase Jalan Merdeka Di Bongkar Agar Mudah Membersihkan Sampah"


DN7 | Batubara - 

Tidak diketahui pekerjaan dari Dinas mana, Pemborongnya siapa, Berapa pagunya, Berapa panjang volume nya, Diduga pembuatan rabat beton sebagai penutup drainase jalan Merdeka Kec Tg Tiram Kab Batubara terindikasi asal asalan.

Sebab kegiatan tersebut memicu kontroversi dan pertanyaan di tengah masyarakat sekitarnya tatkala drainase sepanjang jalan Merdeka di tutup dengan menggunakan rabat beton sepanjang jalan merdeka dan tidak diketahui keperuntukan nya untuk apa.

Sedangkan di ketahui, Jaringan drainase seharusnya dipermudah dalam pengoperasian dan pemeliharaannya terutama dalam menangani sampah dan mengalirkan air
industri rumah tangga maupun industri usaha masyarakat yang berkaitan dengan limbah cair.

Tentunya dalam hal ini, Pemerintah yang terkait mempersiapkan Sistem yang harus dapat diakses untuk pembersihan sampah, plastik, daun, tanah, pasir atau bahan lain yang dapat menyebabkan penyumbatan. Sehingga pembersihan sampah saraf yang menyumbat tidak menimbulkan banjir maupun menimbulkan bau busuk di tengah lingkungan jalan Merdeka dan masyarakat Tg Tiram sekitarnya.

Hal ini menjadi perhatian dan asumsi kalangan masyarakat setempat tatkala drainase mengalami penumpatan sampah dan sebagainya, Sehingga masyarakat berpikir bagaimana cara nya jika ingin melakukan pembersihan drainase tersebut, "Bagaiamana jika ingin membersihkan drainase dari kotoran sampah ketika terjadi penumpatan, Apa penutup rabat beton drainase yang baru diselesaikan itu harus dihancurkan lagi baru bisa di bersihkan drainase nya dari sampah," Ujar Syarifuddin Lubis (50) yang menunjukkan lokasi pekerjaan rabat beton menutupi mulut drainase di depan rumah nya di Lingkungan 1 Kelurahan Tg Tiram Jalan Merdeka

Sementara itu, Dari sudut pandang yang lain, drainase adalah salah satu unsur prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kota dalam rangka menuju kehidupan kota yang aman, nyaman, bersih, dan sehat. Prasarana drainase difungsikan untuk mengalirkan air limbah industri usaha masyarakat maupun limbah cair rumah tangga dan sewaktu -waktu akan dibersihkan sebagaimana drainase pada umumnya.

Masih menurut warga masyarakat sekitar jalan Merdeka yang di ambil keterangan nya mengatakan bahwa kegiatan pembuatan penutup drainase jalan Merdeka yang di rabat beton terindikasi akal-akalan hanya untuk menghabiskan anggaran instansi yang membidangi kegiatan tersebut.

Sebab warga masyarakat juga berpendapat bahwa kegiatan pembangunan rabat beton di atas drainase sepanjang jalan Merdeka terkesan tertutup dan dikerjakan di akhir bulan Desember tahun 2019, Sehingga SOP perencanaan jadi salah satu pemicu terjadi nya kegiatan pekerjaan penutup drainase yang di rabat beton asal-asalan dan di duga tidak memiliki manfaat kepada masyarakat terutama terkesan hanya menghabiskan anggaran tanpa paedah dengan menghambur-amburkan keuangan APBD yang berasal dari pajak rakyat Batubara.

Atas indikasi kuat dugaan sekelompok oknum yang ingin memperkaya atau bersama -sama melakukan tindakan melawan hukum atas peraturan yang berlaku, Masyarakat Kec. Tg Tiram yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pemerhati Ruang Lingkup dan lingkungan Kab.Batubara meminta pihak penegak hukum agar dapat masuk kedalam ranah kejahatan Korporasi (Kerjasama) oknum pejabat Dinas terkait agar dapat ditindak sesuai hukum dan peraturan yang berlaku. (Aswat)

Editor : Sapta
Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close