Header

Kapolsek Cukuh Balak : Video Viral Penampakan Buaya di Muara Way Rilau Hoax

FOTO : Petugas Polsek Cukuh Balak berada di Muara Sungai Pekon Way Rilau Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus.

DN7 | Cukuh Balak - 
 
Beredarnya postingan adanya buaya besar berenang di muara sungai Pekon Way Rilau Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus merupakan informasi palsu atau hoax.

Hal itu dipastikan setelah Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus bersama Tagana melakukan pemeriksaan lokasi dan meminta keterangan warga sekitar bahwa tidak ada penampakan buaya yang viral di media sosial tersebut.

Selain itu, berdasarkan penelusuran video yang beredar tersebut ditemukan postingan dengan video serupa di jejaring youtube yang menjelaskan bahwa buaya dalam video tersebut merupakan buaya yang berada Teluk Belengkongn, Indragiri Hulu, Riau.

Kemudian, video lain hasil temuan tim Cybertroops Polres Tanggamus juga menemukan postingan video serupa dengan penjelasan bahwa buaya tersebut berenang di Sampit Kalimantan.

Selain itu, kepastian juga telah ditemukan sesuai youtube Kompas TV bahwa buaya besar yang sedang berenang tersebut berada Teluk Belengkongn, Indragiri Hulu, Riau.

"Bersama Tagana, kami telah melakukan pemeriksaan di aliran sungai Pekon Way Rilau, meminta keterangan warga untuk memastikan apakah benar informasi tersebut. Namun warga sama sekali tidak melihat adanya buaya seperti video tersebut," ungkap Ipda Eko Sujarwo mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK, Kamis (26/11/20).

Kapolsek menegaskan, atas adanya postingan yang membuat resah warga Cukuh Balak tersebut, melalui informasi ini agar dapat memberikan klarifikasi kepada masyarakat umum.

"Diharapkan kepada warga yang telah memposting dapat memberikan klarifikasi bahwa, video tersebut bukan di sungai Pekon Way Rilau," tegasnya.

Walaupun telah dipastikan bahwa video tersebut bukan di Way Rilai. Kesempatan itu, Kapolsek tetap menghimbau masyarakat, agar tetap hati-hati jika beraktifitas diperairan yang diperkirakan terdapat buaya.

"Tetap berhati-hati saat beraktifitas di perairan sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan," himbaunya.

Untuk diketahui, sebelumnya viral postingan video buaya besar berenang di sungai dengan durasi 12 detik diposting oleh akun MN di group Portal Tanggamus dengan menuliskan caption "Munculnya buaya di muara Way Khilau Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Lampung membuat resah masyarakat yang ingin beraktivitas.

"seperti nelayan merasa ketakutan saat ingin berangkat melaut? Dimana BKSDA Provinsi Lampung? Jika dibiarkan berkeliaran buaya tersebut akan membuat ketakutan masyarakat dan di pastikan tidak akan aman untuk melintasi muara tersebut, dan kemarin hari minggu tanggal 22 November 2020 seorang warga setempat melihat dan di videokan tersebut dengan durasi 12 detik," tulis MN pada unggaannya. 
 
Reporter : Usmn
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel