Header

Cegah Penularan DBD, UPT Puskesmas Desa Lama Lakukan Fogging di Kelurahan Harapan Jaya

Foto : Petugas melakukan Fogging di selokan tempat nyamuk berkembang biak

DikoNews7 -

Mencegah penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesahatan Kabupaten Langkat melalui UPT Puskesmas Desa Lama, melakukan Fogging di Lingkungan IV Takari Makmur, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Jumat (17/9/2021).

Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi pencegahan penularan dan penyebaran penyakit DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, dimana dua warga Kelurahan Harapan Jaya dinyatakan positif DBD melalui hasil Lab yang dikeluarkan oleh pihak Rumah Sakit.

Kepala UPT Puskesmas Desa Lama Muharramah Taroreh SKM MKM mengatakan, begitu mendapat kabar ada warga terjangkit DBD, pihaknya langsung melakukan pendataan dan bekoordinasi bersama Dinas Kesehatan.

"Langkah awal kita melakukan Fogging di lingkungan tempat tinggal pasien, baik didalam rumah maupun lingkungan sekitar, melakukan cek kesehatan serta memberi obat dan vitamin, ada dua warga terjangkit DBD dan ini sesuai dengan hasil Lab yang dikeluarkan pihak RS," ucap Muharramah Taroreh SKM MKM.

Bu Kapus menambahkan. Bersama Pak Lurah, kita menghimbau dan mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dan keluarga tentang pemberantasan sarang nyamuk DBD dengan metode 5M (Menguras, Menaburkan, Mengganti, Menutup, dan Menimbun).

Sementara itu, Lurah Harapan Jaya Hermanto.SE, mengatakan. Langkah cepat Puskesmas Desa Lama menyikapi laporan masyarakat terkait penyakit DBD patut di apresiasi.

"Gerak cepat Bu Kapus dan anggota patut kita acungi jempol, ada 2 warga kita terserang DBD, dengan diadakannya Fogging ini guna membunuh perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti dan lainnya, sebagai sumber penyakit DBD melalui gigitannya," ucap Pak Lurah. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel