RSUD Batu Bara Gelar Capacity Building Peningkatan SDM Berakhlak

Foto : Para pegawai RSUD Batu Bara mengikuti Capacity Building di Parapat.

DikoNews7 -

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Batu Bara menggelar berbagai kegiatan di antaranya Outbound dan Capacity Building Peningkatan Sumber Daya Manusia selama dua hari mulai 15-16 Juli  2022.

Kegiatan yang di buka oleh Direktur RSUD Batu Bara, dr Guruh Wahyu Nugraha di Hotel Niagara Parapat tersebut  bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)

dr Wahyu mengungkapkan, dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju Pemerintahan kelas dunia, serta untuk melaksanakan ketentuan pasal 4 tentang nilai dasar dan pasal 5 tentang kode etik dan kode prilaku Undang-Undang Nomor 5 tahun tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) di perlukan keseragaman nilai-nilai ASN menindaklanjuti aturan ini, maka terbitlah Surat Edaran (SE) Menteri Pendagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN. Ada pun Core Values (nilai-nilai dasar) ASN BerAkhlak dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa“.

“Core BerAkhlak yaitu, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaborasi. Nilai-nilai dasar BerAkhlak menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi Pemerintah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi / instansi. Instansi Pemerintah agar menginternalisasikan dan mengimplementasikan Core Values ASN BerAkhlak secara utuh tidak menambah atau mengurangi definisi dan panduan prilaku, “ ujar Direktur RSUD Batu Bara, dr Wahyu di ruang kerjanya, Kamis (28/07).

Lanjut dr. Wahyu mengatakan, Capacity Building merupakan suatu proses yang di laksanakan pada tiga level / tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi dengan tujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan.

Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat di lakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas dan kepemimpinan, paparnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara terpadu yang mengembangkan dan membentuk sikap mental kerja berkualitas, yang mampu membangun kerjasama tim yang kuat dalam unit kerjanya maupun antar unit kerja, serta mampu membentuk tim kerja yang solid sehingga tugas pekerjaan dapat di laksanakan dengan cepat, tepat dan terarah sehingga harapannya Core Values BerAkhlak sudah terinternalisasi dengan efektif,“ jelas dr Wahyu.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel