Sungai Aek Kanopan Meluap Ribuan Rumah Terendam Banjir

Foto : Banjir melanda Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara (Labura).

DikoNews7 -

Banjir kembali melanda sejumlah kawasan di Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara (Labura), Sedikitnya ribuan rumah penduduk terkena dampak banjir, Kamis (03/11/2022).

Banjir yang datang dari hulu sungai secara tiba-tiba mengakibatkan warga yang bermukim di dekat sungai Aek Kanopan tidak dapat menyelamatkan harta benda, dikarenakan luapan debit air yang begitu besar dan deras, sehingga merendam rumah warga, ternak, kenderaan, mobil dan perkebunan.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan fasilitas umum seperti jalan yang menghubungkan Kabupaten Labuhanbatu Utara ke Kabupaten Asahan terendam yang mencapai 1km, dampaknya, jalan tersebut putus total.

Menurut salah seorang warga Arif (40) warga Aek Kanopan Kampung Tarutung menjelaskan "banjir terjadi sejak rabu malam dan puncaknya kamis sekira pukul 03.00 WIB, datang tiba-tiba dan sagat deras sehingga kami tidak sempat menyelamatkan harta benda "ucapnya.

Sejak pagi hingga siang masih terlihat petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) (Labura) dan di bantu warga setempat dan TNI guna membantu proses evakuasi warga, sedangkan banjir yang terparah terlihat di Kampung tarutung dan suka rendah Kecamatan Kualuh Hulu.

Untuk diketahui, Aek Kanopan sudah sering menjadi langganan banjir. Hampir setiap tahun, kawasan tersebut sering terkena dampak banjir, akibat luapan air sungai dan diduga hutan yang ada di hulu sungai sudah mulai gundul akibat dari penebangan liar.

Reporter : SS/OT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel