Wabup Labusel, Ahmad Padli Tanjung Hadiri Rapat Pembentukan TPID


DikoNews7 -

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan H Ahmad Padli Tanjung SAg hadiri rapat High Level Meeting dan Capacity Building Tim pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Aula Command Center, Kamis (07/09/23).
Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Labuhanbatu Selatan, H Heri Wahyudi M SSTP MAP, Asisten dan staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Mugorobin, perwakilan BPS Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan undangan lainnya.

Tim pengendalian inflasi Daerah atau TPID Kabupaten Labuhanbatu Selatan dibentuk sebagai amanat dari keputusan presiden republik indonesia nomor 23 tahun 2017 tentang tim pengendalian inflasi nasional dan surat edaran menteri dalam negeri nomor 500.05-8135 tahun 2017 tentang tim pengendalian inflasi daerah 

TPID Kabupaten Labuhanbatu Selatan telah ditetapkan dengan keputusan Bupati Labuhanbatu Selatan nomor 188.45/169/ekon/2023 tentang tim pengendalian inflasi daerah 

Dalam rangka pelaksanaan pengendalian inflasi Daerah, TPID Kabupaten Labuhanbatu Selatan berpedoman kepada keputusan Bupati Labuhanbatu Selatan nomor 188.45/63/ekon/2022 tentang penetapan peta jalan dan rencana aksi penyelenggaraan pengendalian inflasi daerah kabupaten labuhanbatu selatan tahun 2022-2024. 
 
Adapun pedoman dalam peta jalan dan rencana aksi tersebut adalah keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif. Pedoman ini sering disebut dengan istilah 4k. 

High level meeting ini dilaksanakan sebagai evaluasi terhadap progress pelaksanaan rencana aksi penyelenggaraan pengendalian inflasi daerah di kabupaten labuhanbatu selatan. 

Pengendalian inflasi ini dilakukan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan serta kestabilan harga kebutuhan pokok di masyarakat. Pengendalian inflasi ini juga harus dilakukan untuk menjaga nilai inflasi di daerah agar tetap berada pada target sasaran inflasi nasional yaitu 3 plus minus 1%. 

Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan Kabupaten non ihk penyumbang nilai inflasi pada kota ihk pematangsiantar dan juga Provinsi Sumatera Utara. Alhamdulillah pada kondisi per agustus 2023 ini, nilai inflasi yer on yer pada kota ihk pematangsiantar sebesar 3,88% dan Provinsi Sumatera Utara sebesar 2,78% atau masih berada dalam rentang sasaran inflasi nasional. 

Sebagai pelaksanaan program kerja TPID Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Koperasi dan UKM serta perdagangan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar setiap harinya. 
 
Adapun bahan pokok yang dipantau tersebut adalah beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, Kacang kedelai, daging sapi, daging ayam, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, garam, ikan asin teri, ikan segar, susu, kacang, ketela pohon, jagung pipilan kering, mie instan, tahu, dan tempe. 

Berdasarkan pemantauan harga bahan pokok yang telah dilaksanakan sampai dengan akhir agustus, sebagian besar harga bahan pokok cenderung stabil. Kenaikan harga sedikit terjadi pada bahan pokok cabai merah dan cabai rawit. 
 
Identifikasi kenaikan harga terjadi karena berkurangnya pasokan dan ketersediaan bahan pokok di pasar yang disebabkan komoditi tersebut belum pada masa panen di tingkat produsen. 

Upaya konkret selanjutnya yang telah dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi adalah pelaksanaan sidak pasar dan pasar murah menjelang hbkn ramadhan dan idul fitri 1444 h yang lalu. Sidak pasar dilaksanakan pada 2 pasar tradisional yaitu pasar kotapinang dan pasar cikampak. Sedangkan pasar murah dilaksanakan pada 16 titik lokasi se-kabupaten labuhanbatu selatan. 

Program kerja lain yang dilaksanakan pada tahun ini sebagai upaya konkrit adalah pemberian bantuan sosial pada dinas sosial, kegiatan penciptaan lapangan kerja pada dinas ketenagakerjaan dan perlindungan sosial lainnya berupa perbaikan rumah tidak layak huni, fasilitasi usaha mikro dan penjajakan kerjasama antar daerah yang telah dilakukan dengan kabupaten simalungun guna memangkas pintu-pintu distribusi bahan pokok sehingga diharapkan nantinya bahan pokok yang dijual di pasar dapat menjadi lebih murah dan terjangkau. 

Dalam hal koordinasi antar tpid pusat dan daerah, tpid kabupaten labuhanbatu selatan aktif mengikuti rapat koordinasi dengan mendagri yang dilaksanakan secara daring pada setiap minggu dan juga rapat koordinasi dengan tpid provinsi sumatera utara serta kantor perwakilan bank indonesia pematang siantar.

Reporter : Zen Ritonga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel