Irup HSP Ke-95, Pj Gubsu Berharap Generasi Muda Siap Menyambut Indonesia Emas 2045


DikoNews7 -

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tingkat Provinsi Sumatera (Provsu) Tahun 2023, yang digelar di lapangan sepak bola PT Inalum, Tanjung Gading, kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Sabtu (28/10/2023).

Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin mengharapkan generasi muda siap menyambut Indonesia Emas 2045. Karena tanpa kesiapan dan partisipasi aktif pemuda, cita-cita itu akan sulit terwujud.

Dalam momentum peringatan HSP ke-95 ini, para pemuda diharapkan bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045, sebab generasi sekarang inilah yang akan meneruskan estafet pembangunan negara, kata Hassanudin disela-sela usai menjadi Irup HSP tingkat Provsu.

Pj.Gubsu juga mengatakan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama agar terwujudnya Indonesia as 2045. Salah satunya adalah pemberantasan Narkoba. Sembari ia mengajak seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat agar senantiasa memberantas Narkoba.

Selain itu, menurut Pj.Gubsu, stunting juga perlu menjadi perhatian, apa lagi Indonesia akan mendapat bonus demografi beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu, stunting perlu menjadi perhatian agar sumber daya manusia Indonesia ke depan benar-benar menjadi penerus generasi saat ini.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam pidatonya yang dibacakan Pj Gubsu mengatakan, posisi Indonesia memang sedamg berproses menyelesaika persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, Narkoba, pornografi, hoaks, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya.

Tetapi menurutnya, hal tersebut bukan menjadi alasan bagi pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas pertisipasi pemuda-pemudi, generasi muda Indonesia, yang hari ini telah seiring sejalan, untuk mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama, tuturnya.

Selain itu, juga menyoroti mengenai perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan antar generasi. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

"Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran stretegis untuk 30 tahun mendatang, agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor, " katanya.

Upacara berlangsung khitmad. Usai upacara, kegiatan berlanjut dengan penampilan budaya mulai dari tari multietnis hingga debus Melayu Batu Bara.

Pada kesempatan tersebut Pj Gubernur juga menyerahkan bantuan 150 bola untuk sekolah sepakbola dan klub bola di Kabupaten Batu Bara.

Upacara tersebut diikuti para ASN, pelajar, TNI, Polri, hingga organisasi kemasyarakatan. Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, Ketua TP PKK kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir SE, Sekdakab Batu Bara Norma Deli Siregar, Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima. SE, Perwakilan Forkopimda, para kepala OPD Pemkab Batu Bara dan beberapa kepala OPD Pemprov Sumut.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel