KTHM Maju Sejahtera Tanam 15 Ribu Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Desa Securai Selatan


DikoNews7 -

Kelompok Tani Hutan Mangrove (KTHM) Maju Sejahtera melakukan penanaman bibit pohon mangrove di kawasan Hutan Lindung (HL) yang berada dipesisir pantai Dusun 9 Suka Mulia, Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat Sumut.

Sebanyak 15 ribu bibit pohon mangrove jenis Rhizopora ditanam diareal seluas 15 hektare di sepanjang pesisir pantai Desa Securai Selatan yang menghadap langsung ke perairan Selat Malaka.

Ketua Kelompok KTHM Maju Sejahtera, Yulial Fahri mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama dalam menjaga dan melestarikan ekosistem hutan mangrove yang berada di pesisir pantai Desa Securai Selatan.

Kita ucapkan terima kepada semua pihak yang sudah mendukung dan mensuport kami dalam acara ini, terutama kepada Praka Sinaga dan KPH I Stabat yang sudah memberikan bantuan 15 ribu bibit pohon mangrove.

Lebih lanjut, Yulial Fahri mengatakan, Kelompok Tani Maju Sejahtera sudah terbentuk sejak tahun 2002 atas nama "Maju Bersama" dan sekarang berganti nama menjadi "Maju Sejahtera" dengan jumlah anggota sebanyak 135 orang dan pengurus 15 orang dengan

"Hari ini kita KTHM Maju Sejahtera melakukan penanaman 15 ribu bibit pohon mangrove dengan luas 15 hektare, ini dalam rangka menjaga dan melestarikan kawasan hutan pesisir pantai Desa Securai Selatan dari kerusakan akibat perambahan hutan bakau. Alhamdulillah kegiatan ini di dukung oleh KPH I Stabat, Dinas Kehutanan dan Pemkab Langkat," ucap Yulial Fahri.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) I Stabat, Elvin Situngkir mengatakan sangat mendukung penanaman bibit mangrove yang dilakukan KTHM Maju Sejahtera.

"Kita sangat mendukung kegiatan ini, semoga KTHM Maju Sejahtera dapat terus berkembang dalam memberdayakan sumber alam yang ada. Dalam proses pengelolaan lahan disini jangan muncul alat mekanis, karna akan menimbulkan gejolak, semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan hingga bermanfaat bagi kita semua dan anak cucu kita kelak,"ucap Elvin.

Penanaman bibit mangrove dilakukan secara mandiri oleh anggota KTHM Maju Sejahtera selama dua hari mulai Senin dan Selasa tanggal 9 s/d 10 Oktober 2023.

Kegiatan dihadiri Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) I Stabat, Elvin Situngkir, Dinas Kehutanan Kabupaten Langkat, Praka Sinaga, Camat Babalan, Polsek Pangkalan Brandan, Koramil 13 Brandan, pemerintah Desa Securai Selatan, tokoh masyarakat dan anggota KTHM Maju Sejahtera. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel