Kapolda Sumut : Kita Semua Bersaudara, Indonesia Rumah Bersama, Papua Adalah Indonesia



DikoNews7 | Medan - Kapolda Sumut menjadi satu dari deretan tokoh yang mengucapkan sumpah perdamaian untuk Papua di atas panggung konser Pemuda dalam Harmoni Keberagaman di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (11/9/2019) malam.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto SH,MH tampil paling awal menyampaikan deklarasi perdamaian Papua. Deklarasi yang merupakan acara puncak dari event Pemuda dalam Harmoni Keberagaman juga diucapkan beberapa tokoh lain dari atas panggung.

“Kami Indonesia bersumpah, berbangsa satu, berbahasa satu, bertanah air satu, bersatu damai untuk Papua,” tegas Kapolda.

Kemudian, Kapolda juga mengucapkan bersumpah menjaga dan merawat keberagaman dari Aceh sampai Papua. 

“Kita semua bersaudara, Indonesia rumah bersama, Papua adalah Indonesia,” lanjutnya.

Beberapa tokoh lain kemudian melanjutkan pengucapan deklarasi. Deklarasi dilanjutkan antara lain oleh Tokoh Pendidikan Sumut Syawal Gultom, Rektor Universitas Negeri Medan Syamsul Gultom dan diakhiri Ketua Masika ICMI Orwil Sumut Rizky Emiliya.

Seusai mengucapkan sumpah mereka kemudian melakukan pemukulan gong tanda pengikatan sumpah. Lalu secara bersama mereka menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan diikuti seluruh masyarakat yang memadati Lapangan Merdeka, tanpa dikomando.

Sekitar 1.500 orang pemuda berpakaian adat mengawali acara puncak konser yang digelar Masika ICMI Orwil Sumut bersama dengan Prima DMI PW Sumut. Sekitar pukul 20.00 WIB, jalur masuk lapangan dimasuki barisan parade pemuda yang mengenakan berbagai baju adat, termasuk pakaian asli Papua.

Suara gemuruh penonton terdengar berkali-kali menyambut parade ini. Begitu juga ketika berlangsungnya tari budaya kolosal yang disuguhkan sekitar 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumut. Decak kagum penonton tidak terbendung.

Pihak penyelenggara juga menyajikan berbagai pertunjukan dalam event ini. Mulai dari tari-tarian daerah yang dikemas dengan aransemen kekinian, break dance, mural, sampai penampilan musik rap dan rock. 

Di sepanjang pinggiran lapangan juga berjejer kuliner rakyat yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis.

Reporter : Asen
Editir : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel