Header

Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas dengan Jarak Luncur 3 Km

FOTO : Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik (AFP Photo/Handout /BNBP)

DN7 | Medan -
 
Gunung Sinabung, Sumatera Utara, memuntahkan awan panas pada pukul 07.11 WIB, Selasa (2/1/2021). Guguran awan panas tersebut meluncur ke arah timur tenggara dengan jarak luncur 3 kilometer. 
 
"Terjadi awan panas guguran G. #Sinabung tanggal 2 Maret 2021 07:11 WIB dengan jarak luncur 3000 m ke arah timur-tenggara. Kegempaan terekam di seismogram dengan amplitudo maksimal 120 mm dan durasi 243 detik," info PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM dalam akun Twitter resmi MAGMA Indonesia @id_magma, Selasa.
 
Saat ini, Gunung Sinabung, berada pada Level III atau Siaga. Badan Geologi meminta masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak.
 
"Serta radius sektoral 5 km selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," tulisnya.
 
PVMBG mengimbau, masyarakat memakai masker bila keluar rumah jika terjadi hujan abu. Ini untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.
 
"Juga mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pinta PVMBG dalam laman resminya.
 
Berdasarkan pengamatan Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung-PVMBG, asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal Gunung Sinabung setinggi sekitar 100-400 meter dari puncak.

Sementara, cuaca cerah, angin lemah ke arah barat dan barat laut.
Editor : Diko

 
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel