Kantor BPJS Kesehatan Medan Terbakar


DikoNews7 -

Kantor BPJS Kesehatan yang berada di Jalan Karya No. 135 Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat  Medan Sumatera Utara terbakar pada Senin malam (2/1/2023).

Dalam peristiwa kebakaran tersebut api menghanguskan bagian dalam ruangan gedung BPJS Kesehatan Medan.

Menurut saksi mata Muhammad Fahmi yang merupakan siswa PKL bagian Kelistrikan di Kantor BPJS Medan mengatakan, api berasal dari ruangan pegawai pelayanan BPJS Kesehatan.

"Pas saya mau bakar rokok dari luar ruangan saya dengar ada suara seperti api membakar sesuatu dan waktu saya cek api dari meja api udah membesar", jelaskan Fahmi.

Melihat adanya api yang membesar Fahmi berteriak dan memberitahukan adanya kebakaran diruangan pegawai pelayanan sembari mengambil Alat Pemadam racun api dan berupaya memadamkan api.

"Saya lari kedalam mengambil racu api dan saya semprotkan, tapi api yang sudah besar tidak dapat dipadamkan", kata Fahmi.

Menurut Fahmi, meja yang terbakar diruang pegawai pelayanan megakibatkan timbulnya asap tebal dan dirinya keluar untuk menyelamatkan diri.

Selang tak berapa lama petugas Damkar Kota Medan datang dengan 6 Unit Mobil Pemadam kelokasi untuk memadamkan api.

Kepala Seksi Pengendali Komunikaai Damkar Medan Leo Sata mengatakan, petugas Damkar kesulitan untuk memadamkan api dikarenakan asap tebal menyelimuti dan pintu ruangan terkunci.

"Ada 5 Unit armada kita turunkan dari Mako Dam UPY 3.0/KIM, kendalanya adalah asap tebal dilokasi, kita terpaksa menunggu security untuk membuka pintu yang ada untuk mengurangi asap dilokasi", ujar Leo.

Api dapat dipadamkan selama satu jam setelah petugas pemadam berjibaku berupaya keras memadamkan api.

Sampai saat ini penyebab kebakaran yang menghanguskan satu ruangan pegawai pelayanan gedung BPJS Kesehatan belum diketahui secara pasti, jelasnya dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Pasca kebakaran keamanan diperketat oleh pihak security guna antisipasi tindak pencurian dengan menutup rapat gerbamg Kantor BPJS Medan dan hanya memperbolehkan masuk bagu yang berkepentingan, ada sekitar 10 orang security yang menjaga lokasi tersebut.

Sementara itu Tim Inafis dari pihak Kepolisian turun ke lokasi kebakaran melakukan olah TKP guna menyelidiki penyebab kebakaran, namun untuk sementara tim belum dapat menjelaskan secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Disisi lain Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Medan Wilayaj Sumut - Aceh Ahyar memastikan pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Medan tidak terganggu pasca kejadian kebakaran tersebut, sebab menurut Ahyar saat ini BPJS Kesehatan punya beragam Aplikasi yang bisa dipakai masyarakat.

"Kami kan punya pelayanan Mobile, jadi itu kan masih bisa dimanfaatkan", jelaskan Ahyar.

Menambahkan Ahyar, saat ini semua berkas sudah diamankan dan Ahyar masih menunggu perintah dan arahan dari pimpinan pusat terkait proses penyelidiskan kebakaran tersebut.

"Kami masih menunggu araham dari pusat seperti apa, namun api sudah dilokaslisir petugas", akhiri Ahyar.

Reporter : Misdi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel