Bupati Zahir Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Bencana Tahun 2023


DikoNews7 -

Polres Batu Bara gelar apel kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karthutla) Tahun 2023 di wilayah kabupaten Batu Bara, di lapangan bola kaki block VIII Lima Puluh, kecamatan Lima Puluh, Selasa (01/08/2023).

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP ini diikuti Kapolres Batu Bara, Ketua DPRD Batu Bara, DanLanal Tanjung Tiram,  Danyon 126 / KC, Kajari Batu Bara, Dandim 0208 Asahan, Kapospol Air Tanjung Tiram, Sekdakab Batu Bara, Kaban BPBD Batu Bara, Ketua AMPI Batu Bara, dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Batu Bara beserta Camat se-kabupaten Batu Bara.

Kegaiatan apel juga diikuti personil Dinas Kesehatan (Dinkes), Personil Sat Pol PP dan Damkar, Personil Dinsos, Dishub, Perkim beserta personil Pol Air.

Dalam amanatnya Bupati Batu Bara Ir H Zahir mengatakan, dan kita berterima kasih kepada Kapolres Batu Bara selaku penggagas utama pada kegiatan hari ini dan kegiatan apel kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan tahun 2023 di wilayah kerja Polres Batu Bara ini yang pertama dilakukan di Polres Sumatera Utara.

Di katakan Bupati Zahir, kagiatan ini mengacu kepada Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, disana disebutkan bahwa bencana adalah serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh alam dan atau manusia yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, harta, benda, kerusakan lingkungan, kerusakan sarana dan prasarana, kerusakan fasilitas umum, tapi juga mengganggu tata kehidupan dan kehidupan masyarakat khususnya di kabupaten Batu Bara.

“Oleh sebab itu, kita perlu melaksanakan apel terhadap kesiapan penanganan bencana bila mana di Batu Bata khususnya seluruh wilayah kabupaten Batu Bara, hutan termasuk perkebunan, perumahan, tempat-tempat ibadah juga termasuk sarana perserikatan umum yang memang harus kita persiapkan sedini mungkin, “ ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan Bupati Zahir, ketika ini telah kita lakukan maka kesiap siagaan kita dalam menghadapi bencana, apa lagi di bulan November itu nanti ada namanya bencana yang biasanya datang adalah bencana alam banjir.

Dan hari ini melalui Bapak Kapolres Batu Bara telah melakukan upaya-upaya pendeteksian dan kesiapan dari pada personil-personil yang nanti akan terjun dalam menghadapi bila mana terjadi penanganan bencana berupa kebarakan hutan dan lahan, kebakaran sarana umum, kemudian di bulan November menghadapi bencana banjir, tutur Bupati Zahir.

“Oleh sebab itu, pengelolaan bencana salah satu kegiatan sipatnya mendadak sebenarnya bukan untuk tanggap darurat saja tapi kita harus mempersiapkan diri meliputi berbagai aspek yang sebelum terjadinya sebuah bencana atau pra bencana sehingga nanti pada saat terjadi bencana itu diharapkan kita bisa menanggulangi, menangani sampai pada akhirnya adalah menyelesaikan permasalahan bencana atau sering disebut adalah pasca bencana itu sendiri,“ ungkap Bupati Zahir.

Tentu terkait dengan hal tersebut, seperti kita ketahui secara umum bahwa kabupaten Batu Bara memang kabupaten yang salah satunya rawan banjir dan juga angin puting beliung, untuk itu kita perlu meningkatkan kewaspadaan dini.

“Oleh karena itu dalam menghadapi permasalahan tersebut ini dibutuhkan kerjasama dari semua pihak TNI/Polri, Pemerintah, masyarakat tentunya, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Mari sama-sama bekerja secara bersama-sama,“ ajak Bupati Zahir.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel