Bupati Labuhanbatu Selatan Narasumber IPOS-Forum Kedelapan


DikoNews7 -.

Bupati Labuhanbatu Selatan menjadi narasumber pada acara Indonesian Palm Oil Stakeholders Forum (IPOS-Forum) Kedelapan yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumatera Utara di Santika Dyandra Premiere Convention Center, Medan (27/10/2023).
.
Pada acara tersebut Bupati H Edimin membahas tentang pemanfaatan Dana Bagi Hasil (DBH) Kelapa Sawit.
.
Bupati H Edimin mengatakan, Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sawit adalah DBH yang dialokasikan berdasarkan persentase atas pendapatan dari bea keluar dan pungutan ekspor atas kelapa sawit, minyak kelapa sawit mentah, dan/atau produk turunannya.
.
Dilanjutkan DBH merupakan bagian dari Transfer ke Daerah yang dialokasikan berdasarkan persentase atas pendapatan tertentu dalam APBN dan kinerja tertentu, yang dibagikan kepada Daerah penghasil dengan tujuan untuk mengurangi ketimpangan fiskal antara Pemerintah dan Daerah, serta kepada Daerah lain nonpenghasil dalam rangka menanggulangi eksternalitas negatif dan/atau meningkatkan pemerataan dalam satu wilayah.
.
Selain itu Bupati H Edimin juga menyatakan, DBH sawit harus memberikan manfaat bagi masyarakat luas di Daerah.
.
Bupati H Edimin juga mengucapkan terimakasih kepada GAPKI Sumut atas undangan dan kepercayaannya untuk menjadikan Bupati narasumber pada acara yang luar biasa itu.
.
Bupati H Edimin mengungkapkan, di tahun 2023 Kabupaten Labuhanbatu Selatan mendapatkan DBH Kepala Sawit terbanyak dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara sebesar Rp. 15.642.224.000.
.
Turut mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan H Heri Wahyudi M SSTP MAP, Asisten Perekonomian Ir H Ralikul Rahman MT, dan Kepala Dinas Pertanian Azaman Parapat.

Reporter  : Zen Ritonga
Sumber   :  Diskominfo Labusel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel